Tips Berjualan Online Agar Nggak Boros Kuota Internet

Cerita Peluang Usaha 16 Jun 2020, By Reky Arfal
Tips Berjualan Online Agar Nggak Boros Kuota Internet Sebagian besar media sosial akan boros kuota. Berikut tipsnya (appsamurai)

Berjualan online membuat Anda akan rutin membuka media sosial mulai dari WhatsApp, Facebook, Twitter hingga Instagram untuk mempromosikan produk-produk yang Anda jual dan melihat perkembangan akun Anda dari waktu ke waktu. Sebagian besar media sosial itu pasti akan menguras kuota Internet Anda dengan sangat cepat jika tidak disiasati. Untuk itu, Anda perlu beberapa tips berjualan atau tips untuk mengoperasikan toko online Anda agar kuota internet Anda tidak terlalu boros dalam menggunakan masing-masing media sosial tersebut. 

Namun begitu, Anda juga mesti menyiapkan atau menyusun anggaran untuk membeli kuota internet Anda, ya. Jika tidak memiliki kuota internet yang memadai, maka bagaimana pula caranya Anda mengoperasionalkan toko online Anda.

Instagram

Instagram saat ini merupakan media sosial yang sangat ramai digunakan di Indonesia. Sebagai pelaku usaha, tentu saja Anda tidak ingin melewatkan peluang untuk berjualan dan memasarkan produk Anda ke seluruh pengguna Instagram tersebut. 

Akan tetapi, berjualan di Instagram ini sering membuat kuota internet tersedot. Alhasil, bukannya untung, Anda malah tambah pusing memikirkan biaya tambahan untuk membeli kuota secara rutin. 

Sebenarnya, ada 2 cara dalam menghemat konsumsi data di Instagram, yaitu dengan menggunakan mode hemat daya dan menurunkan resolusi media. 2 cara di atas dapat membuat pemakaian data di Instagram lebih hemat dan kuota Anda akan bertahan lebih lama dari biasanya. Meski ada efek samping yang akan Anda rasakan, yaitu memuat video akan jadi lebih lama, dan kedua, kualitas media akan jadi menurun. Akan tetapi, tujuan Anda untuk membuka Instagram adalah untuk berjualan, bukan? Maka, kedua efek di atas tidak begitu penting. 

Facebook

Tidak dapat dimungkiri Facebook adalah salah satu media sosial paling populer di dunia, termasuk di Indonesia. Hal inilah yang jadi pemikat para pedagang beralih menjual produk-produknya ke Facebook. Apalagi berjualan online di Facebook tidak membutuhkan biaya yang banyak, Anda tidak mesti memiliki toko fisik untuk memajang produk-produk Anda, tidak pula butuh karyawan untuk menjaga toko dan lain sebagainya. Anda hanya butuh kuota internet untuk dapat terhubung ke internet dan berjualan di facebook. 

Akan tetapi, berjualan di Facebook sering kali membuat kuota internet lekas habis. Banyak fitur Facebook yang sebetulnya tidak begitu menunjang penjualan toko online Anda memangkas habis kuota internet Anda. Nah, Untuk Anda yang ingin menghemat pemakaian kuota data ketika mengakses aplikasi Facebook di smartphone, caranya cukup mudah kok. Anda hanya harus mematikan opsi upload foto dan video HD, mematikan fitur autoplay video. 

Kedua fitur tersebut tidak begitu penting dan membuang banyak kuota internet Anda. Cara terakhir, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite yang memiliki fitur lebih sedikit dan tidak memakan kuota yang banyak.

WhatsApp

Aplikasi lain yang sering sekali digunakan pedagang online dalam menjembatani dirinya dengan konsumen adalah WhatsApp. Meskipun aplikasi ini merupakan aplikasi chatting, ternyata WhatsApp juga dapat membuat penggunaan kuotamu membengkak. Untuk itulah, Anda mesti pandai-pandai dalam menghemat kuota internet Anda dan mematikan fitur-fitur yang tidak begitu penting. 

Mengingat WhatsApp sebagai sarana komunikasi utama bagi banyak pedagang online, Anda tentu tidak bisa serta-merta menghemat penggunaan data hanya dengan tidak membuka aplikasinya saja. Anda bisa menghemat kuota WhatsApp Anda dengan mematikan fitur auto-download, mengurangi penggunaan data panggilan, dan melakukan pengaturan back up data yang sesuai.

Twitter

Aplikasi Twitter juga jadi salah satu primadona bagi pedagang online yang ingin menjual produk-produknya. Di Twitter, Anda bisa menggunakan fitur-fitur menarik seperti hashtag trending dan kata kunci yang bisa diakses oleh jutaan penggunanya. Di sisi lain, Twitter ternyata juga dapat memakan  kuota internet sangat besar. 

Untuk itu, Anda bisa meminimalisir penggunaan kuota internet Anda ketika mengakses Twitter dengan mengaktifkan data saver pada twitter for android, mengaktifkan data saver pada twitter lite, dan meminimalisasi penggunaan data pada twitter web. Cara-cara ini bisa Anda manfaatkan untuk memangkas pengeluaran Anda untuk kuota internet. 

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha