Tips Berjualan Sehat untuk Lawan Covid 19

Cerita Peluang Usaha 10 Apr 2020, By Teman Dagang
Tips Berjualan Sehat untuk Lawan Covid 19 Ilustrasi penggunaan masker saat jualan (suarasurabaya.net)

Wabah virus Covid-19 atau dikenal dengan nama virus corona menjadi salah satu faktor pemicu kerugian para pedagang di pasar. Apalagi sejak pemerintah membatasi aktifitas di luar dan mengimbau masyarakat untuk terus berada di rumah. Hasilnya, daya beli masyarakat turun dan pemasukan pedagang pun tidak seimbang dengan pengeluaran.

Lalu, apa yang bisa dilakukan pedagang agar tetap tetap bisa berdagang sehat di tengah ancaman virus corona?

Satu: Tindakan Preventif Diri

Anda yang berdagang sudah seharusnya melakukan dua hal ini, yaitu cuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak. Anda tidak bisa membedakan mana orang-orang sehat dan mana yang sudah terpapar virus corona, sehingga anda bisa meminimalisir dengan melakukan dua hal tersebut.

Dalam bertransaksi, Anda dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dengan pembeli. Anda harus memastikan jarak Anda dengan pembeli ada di 1-2 meter. Menjaga jarak sangat penting agar Anda tidak ikut terpapar virus ini.

Kemudian, tidak lupa untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan transaksi untuk membersihkan tangan. Awalnya mungkin terlihat repot, tapi percayalah, hal ini akan sangat membantu Anda dalam menjaga kesehatan diri.

Selalu gunakanlah masker saat berdagang. Saat ini, masker kain sudah banyak yang dijual dengan harga yang terjangkau sehingga Anda bisa menggunakan dan mencucinya setelah pemakaian.

Perhatikan juga kebersihan tempat dagangan Anda. Selain pembersihan rutin sebelum jam buka dan jam tutup toko, Anda juga perlu membersihkan di sela-sela waktu saat sedang tidak pembeli. Pembersihan dapat menggunakan cairan desinfektan ataupun cairan pembersih lain yang efektif untuk menghilangkan kuman dan virus.

Dengan situasi seperti ini, Anda mungkin bisa mengubah sedikit gaya berdagang Anda. Misal dengan membuka akses pemesanan online menggunakan fitur chatting di Whatsapp. Jadi, pembeli yang ingin membeli sayur, buah, atau kebutuhan lain dari dagangan Anda, bisa memesan lewat chatting di whatsapp. Kemudian, Anda bisa menggunakan kurir untuk mengantarkan ke rumah. Hal tersebut dapat mengurangi interaksi langsung dengan banyak orang berbeda setiap harinya.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah Anda harus selalu membersihkan secara rutin alat pembayaran setelah digunakan. Semprotkanlah disinfektan agar alat pembayaran tetap terjaga. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan pada ponsel Anda. Semprotkanlah disinfektan secara berkala. Jika menggunakan uang tunai, sediakanlah kantong plastik tampungan uang dari pembeli. Dan pastikan Anda tidak memegang bagian muka selama masih berada di luar untuk mencegah penularan virus.

Dua: Gaya Hidup dan Arus Kas Harus Sama-sama Sehat

Mulailah menjalankan pola hidup sehat agar menjadi benteng menghadapi kemungkinan terpapar virus corona. Anda bisa mulai menyeduh air rebusan jahe dengan gula merah misalnya. Konon, minuman ini mampu meningkatkan imun tubuh. Fungsinya tentu agar tubuh Anda mampu melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, upayakan makan yang teratur dan perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Kemudian lengkapi dengan istirahat yang cukup. Kesehatan Anda sangat penting agar dapat mengatur arus kas yang sehat pula. Meski virus corona memberi pukulan keras terhadap penjualan dagangan Anda, anda bisa mengupayakan untuk menjaga agar arus kas atau cashflow tetap sehat..

Dalam situasi yang kurang menentu seperti ini, anda sebagai pedagang memang dituntut untuk sehat dan cermat dalam mengambil keputusan. Anda harus memiliki strategi berdagang sehat. Dan salah satunya adalah dengan membuat catatan pembukuan yang rapi.

Tiga: Manfaatkan Fitur Teknologi

Meski virus corona tengah melanda Indonesia dan mengakibatkan sepinya pembeli, anda tetap harus semangat berdagang. Anda bisa mulai menjaga alur kas yang sehat dengan cara memanfaatkan teknologi yang sudah semakin canggih.

Banyaknya kemudahan teknologi yang sudah beragam, dapat anda manfaatkan untuk membantu usaha agar tetap sehat dan berjalan lancar. Banyak fitur teknologi yang dapat membantu usaha anda dan pembeli dalam bertransaksi, baik tunai maupun non-tunai, dimana pada saat bersamaan anda pun tetap bisa menjaga kesehatan diri. Sebagai contoh adalah YouTap. Aplikasi teknologi ini dapat memudahkan Anda dalam bertransaksi dengan pembeli. Aplikasi ini bisa menerima pembayaran secara tunai dan non-tunai. Tidak hanya itu, YouTap memungkinkan Anda untuk membuat pencatatan pembukuan pembayaran yang diterima. Anda juga akan mendapatkan notifikasi email mengenai keuntungan per hari.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengetahui dengan mudah persedian stok dagangan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan dagangan dengan baik dan terarah sambil mengelola stok dengan baik untuk kelancaran usaha meski di tengah wabah corona. Terakhir, tidak lupa sembari berdoa, sehingga kita dapat tetap menjalankan usaha dengan tetap menjaga kesehatan diri..

Jadi, tetap tenang, ya. Anda tidak perlu cemas. Pastikan untuk terus menjaga kesehatan, cuci tangan, dan jaga jarak aman.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha