Tips Membuat Promo Usaha tanpa Harus Khawatir Rugi

Cerita Peluang Usaha 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Tips Membuat Promo Usaha tanpa Harus Khawatir Rugi Promosi dapat dilakukan untuk menarik perhatian konsumen (arenalte.com)

Setiap harinya ribuan bahkan jutaan produk diperjualbelikan. Daya konsumsi yang kian tinggi ini mendorong tumbuhnya usaha-usaha baru, terutama usaha kecil dan menengah. Semakin banyak pedagang maka semakin banyak pula pilihan bagi konsumen. Menghadapi persaingan usaha saat ini, pedagang mesti kreatif dalam mempromosikan dagangannya. Hal ini diperlukan agar di tengah banyaknya penawaran, konsumen lebih memilih membeli dagangan Anda.

Ada banyak sekali cara kreatif yang dapat digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Salah satunya ialah dengan memberikan promosi potongan harga atau diskon. Cara ini merupakan strategi paling ampuh menarik pelanggan karena menawarkan harga yang lebih rendah dari biasanya.

Namun, seperti halnya strategi lain, promo diskon bisa merugikan pedagang bila dilakukan asal-asalan. Jangan sampai, bukannya mendapat untung penjualan, Anda malah menderita kerugian karena memberikan diskon. Untuk itu, sebelum membuat promo diskon, Anda harus merencanakannya dengan lebih matang. Diskon yang terencana dengan baik tidak hanya akan menghindarkan pedagang dari kerugian tapi juga dapat memberikan untung yang besar. Meskipun musim penjualan sedang lesu-lesunya.

Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, promo diskon bisa jadi langkah tepat untuk semakin menarik pelanggan terhadap barang dagangan Anda.

Membuat Promo Hanya dalam Event Khusus

Salah satu pola konsumsi masyarakat saat ini adalah berbelanja di hari-hari atau event tertentu seperti lebaran idul fitri, natalan dan tahun baru, hari valentine, imlek, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, memberikan diskon spesial saat perayaan-perayaan tersebut akan semakin mendorong pelanggan untuk berbelanja.

Anda dapat memanfaatkan event tersebut dengan memberikan potongan harga untuk beberapa produk tertentu. Selain akan meningkatkan penjualan, hal ini bisa juga dapat memberikan loyalitas pelanggan terhadap dagangan Anda. Pelanggan yang puas di salah satu promo diskon yang Anda berikan pastilah akan kembali berbelanja lagi ke toko Anda. Mereka pun akan menunggu promo yang Anda berikan selanjutnya.

Mencari Persentase Harga Diskon yang Tepat

Membuat promo diskon memang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen. Namun jangan sampai lupa bahwa usaha yang Anda jalankan tetap harus mendapatkan keuntungan. Persentase potongan harga yang diberikan mesti masuk akal supaya Anda tidak rugi. Potongannya pun jangan sampai terlalu kecil yang justru malah bisa menurunkan minat pelanggan untuk membeli.

Untuk produk-produk baru, Anda dapat memberikan potongan harga sampai sebesar 15%-20% sebagai promosi perkenalan produk. Sedangkan untuk produk-produk yang sudah lama, Anda bisa memberikan potongan harga sampai 70%. Memberikan potongan harga yang besar untuk produk-produk lama juga bisa membantu menghabiskan persediaan lama di gudang Anda agar dapat diisi dengan produk-produk baru.

Coba Gratiskan Biaya Pengiriman

Selain memberikan potongan harga yang besar, Anda juga bisa menarik perhatian konsumen lewat promo menggratiskan biaya pengiriman. Meski sudah diberikan potongan harga, kadang tambahan ongkos kirim masih cukup merepotkan bagi pelanggan. Untuk itulah di samping memberikan diskon harga barang, Anda juga bisa sesekali menggratiskan biaya pengiriman barang.

Di hari-hari lain, Anda dapat memberikan promo berupa potongan ongkos kirim sekian persen agar tetap menarik perhatian. Hal ini bisa jadi alternatif yang bagus untuk meningkatkan penjualan Anda.

Menawarkan Diskon Share Media Sosial

Saat ini media sosial merupakan sarana paling ampuh untuk menawarkan produk dagangan Anda. Kemudahannya untuk diakses oleh semua orang, membuat setiap pengguna media sosial adalah calon pelanggan paling potensial. Potensi inilah yang dapat Anda manfaatkan dengan memberikan diskon share media sosial.

Anda cukup membuat pengumuman promo diskon di media sosial toko Anda dengan syarat pembeli harus membagikan konten tersebut di media sosial mereka masing-masing. Dengan begitu, akun media sosial toko Anda akan semakin banyak dilihat bahkan oleh pengguna yang tidak mengikuti akun tersebut. Cara ini akan memberi Anda dua keuntungan sekaligus: menarik perhatian pelanggan untuk membeli dan meningkatkan promosi akun media sosial Anda melalui para pelanggan.

Membuat Harga Paket

Alternatif lain yang dapat Anda lakukan dalam memberikan promo potongan harga adalah membuat harga paket atau bundel. Cara ini menawarkan sekaligus dua atau lebih produk dengan harga jual lebih rendah dibanding dengan harga total semua produk yang dipaketkan tersebut. Misalnya, Anda menjual tiga buku yang harga masing-masing buku adalah 50 ribu menjadi 120 ribu (harga total aslinya adalah 150 ribu). Metode ini bagus untuk semakin melariskan dagangan Anda karena lebih banyak produk yang terjual.

Selain dengan membuat paket tertentu, Anda bisa juga menetapkan jumlah minimal pembelian tertentu untuk mendapatkan diskon. Misalkan, beli 1 gratis 1 atau beli 5 dapat diskon 50%, dst. Metode ini juga sama bagusnya untuk menarik pelanggan dan melariskan dagangan Anda.

Memberikan penawaran diskon memang strategi penjualan paling ampuh. Dengan perencanaan yang baik, Anda akan mendapat keuntungan besar meski memotong harga tanpa harus khawatir mengalami kerugian.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha