Tips Meningkatkan Penjualan Online Melalui Instagram

Cerita Teknologi 7 Jun 2020, By Delviadry Ruvi
Tips Meningkatkan Penjualan Online Melalui Instagram Meningkatkan penjualan online melalui Instagram cukup mudah (sab.id)

Instagram merupakan salah satu media sosial digital yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan online. Media sosial satu ini punya pengaruh besar terhadap tumbuh kembang perekonomian usaha kecil mikro menengah saat ini. Melalui fitur-fitur yang disediakan Instagram inilah, Anda dapat mengembangkan toko Anda sendiri. 

Apalagi saat ini Instagram memiliki fitur terbaru bagi para pengusaha dan pelaku bisnis, yaitu Instagram for Business. Dengan profil bisnis ini, Anda bisa membuat akun bisnis toko Anda sendiri di Instagram dengan lebih efisien. Fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan dari profil bisnis ini adalah fitur Insight, yaitu fitur yang membantu Anda untuk melihat informasi seputar followers serta kekuatan postingan Anda.

Berjualan di Instagram juga memiliki trik-trik khusus, lho. Anda tidak akan bisa sukses apabila hanya memposting foto saja. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk meningkatkan penjualan online melalui Instagram. 

Buat Profil Bisnis yang Sesuai 

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun profil bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda bisa memanfaatkan username dan biodata profil agar akun online shop Anda mudah ditemukan. Misalkan, jika Anda menjual sepatu, maka buatlah username yang dekat dengan sepatu. Buatlah biodata yang menjelaskan tentang bisnis Anda dan cantumkan alamat toko Anda di kolom location agar para pembeli mengetahui letak toko offline Anda. 

Kemudian, Anda juga bisa memanfaatkan kolom website yang ada di profil untuk menambah informasi seputar toko Anda. Biasanya, kolom website ini digunakan untuk mempromosikan konten-konten Anda di luar Instagram. 

Buat Feed yang Menarik

Membuat akun profil bisnis Anda lebih variatif dan informatif akan membuat akun Anda dikunjungi banyak. Untuk memulainya, Anda bisa membuat konten-konten seputar produk yang Anda jual dulu. Membuat konten ini juga tak selamanya soal bisnis, ya. Tapi lebih dari itu, konten yang Anda bikin harus bersifat umum dan menarik perhatian orang. 

Singkatnya, jangan jadikan akun bisnis Anda sebagai etalase untuk memajang produk saja. Orang-orang bisa jadi bosan dan meninggalkan akun Anda dalam waktu yang tidak lama jika Anda hanya memposting produk yang itu-itu saja. Anda juga mesti memikirkan caption menarik untuk memancing respon followers Anda.

 Di sisi lain, Anda pun mesti memikirkan visual konten dari akun bisnis Anda. Sebuah penelitian dari WebDam mengatakan bahwa 60% brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama untuk setiap postingannya. Untuk membantu Anda membuat visual konten yang keren, Anda bisa memanfaatkan aplikasi editing foto atau video untuk memperindah tampilan akun bisnis Anda.

Manfaatkan Instagram Story

Saat ini, instagram story merupakan fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Instagram. Bahkan dalam sehari, instagram story bisa mengumpulkan rata-rata 250 juta pengguna harian. Fitur instagram story yang lebih simple ini akan lebih sering dilihat oleh pengguna Instagram saat ini. 

Anda bisa memanfaatkan tren instagram story ini untuk mempromosikan produk Anda. Akan lebih baik lagi jika konten di instagram story berbeda dengan konten yang Anda posting di beranda, agar followers Anda tidak merasa bosan dan terhibur dengan akun bisnis Anda.

Gunakan Hashtag dan Ads Instagram

Dalam Instagram, ada dua cara jitu untuk mempromosikan produk Anda, yaitu melalui hashtag dan instagram ads. Hashtag merupakan elemen non-visual yang dapat membuat postingan Anda dilihat oleh banyak orang secara gratis. Anda bisa memanfaatkan fitur hashtag ini untuk menjangkau pembeli lebih banyak. Misalkan Anda menjual pakaian, Anda bisa menulis hashtag yang sesuai dengan produk Anda. 

Jika fitur hashtag tadi gratis, instagram ads merupakan fitur berbayar yang memang dipersiapkan untuk mendongkrak postingan. Anda bisa memanfaatkan fitur instagram bisnis ini untuk meningkatkan penjualan. Menariknya, instagram ads ini bisa menjangkau pengikut berdasarkan yang Anda inginkan. Mulai dari pengguna yang berdomisili di kota Anda, hingga pengguna yang memiliki minat terhadap produk yang Anda jual.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha