Trend Pembayaran Jaman Now, Pedagang Bisa dengan Mudah Mengelola Keuangan

Cerita Terkini 26 Mar 2020, By Teman Dagang
Trend Pembayaran Jaman Now, Pedagang Bisa dengan Mudah Mengelola Keuangan Ilustrasi (www.pixabay.com)

Teknologi adalah salah satu pemicu perubahan gaya transaksi zaman ini. Semua aspek kehidupan telah mengalami digitalisasi, begitu pula dalam kegiatan ekonomi. Pelaku usaha atau pedagang mulai sibuk berbenah menyesuaikan dengan zamannya. Salah satunya dengan menyediakan layanan transaksi pembayaran. Proses pembayaran dalam sebuah jual-beli juga terus mengalami kemajuan. Mulai dari tukar-menukar barang (barter) hingga pembayaran online yang hanya menggunakan QR scan.

Layanan ini hadir karena pola belanja masyarakat yang telah berubah, di mana tak lagi harus bertatap muka. Pembayaran dengan uang tunai tak lagi jadi satu-satunya metode pembayaran yang digunakan. Kini semakin banyak orang yang berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, mobile-banking, uang elektronik (e-money), hingga penggunaan dompet digital.

Sistem pembayaran non-tunai ini jadi semakin digandrungi karena menawarkan banyak kemudahan serta sangat praktis. Tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dalam jumlah besar yang memenuhi dompet untuk berbelanja. Pengguna cukup menggesek kartu, scan kode QR, atau mengetuk layar ponsel, maka pembayaran selesai dengan cepat. Tidak perlu pula menunggu uang kembalian dan resi pembayaran dari kasir seperti halnya saat membayar dengan uang tunai.

Alternatif Metode Pembayaran

Perubahan pola belanja dan sistem pembayaran yang digunakan masyarakat, sudah semestinya mampu diikuti oleh para pelaku usaha. Dengan memberikan alternatif metode pembayaran online terkini, baik pedagang maupun pelanggan sama-sama dimudahkan. Adanya berbagai alternatif metode pembayaran ini juga akan menarik pelanggan untuk membeli barang yang Anda tawarkan karena kemudahannya.

Pelaku usaha hendaknya mengenal dengan baik metode-metode pembayaran terkini. Menerapkan metode pembayaran yang baru, artinya pelaku usaha juga perlu mengubah sistem pembukuan keuangannya juga secara digital. Hal ini penting dilakukan agar dapat menyesuaikan perubahan tersebut ke segala aspek usaha Anda. Jika sudah begitu, maka pembukuan keuangan usaha Anda akan tercatat dengan baik serta minim kesalahan perhitungan.

Untuk menerapkan metode pembayaran digital, maka pelaku usaha juga mesti menggunakan aplikasi atau perangkat yang berhubungan dengan pembayaran tersebut. Misalnya untuk menggunakan dompet digital. Pelaku usaha mesti menyinkronisasikan akun dompet digitalnya dengan akun bank agar sewaktu-waktu saldo di dompet digital tersebut dapat dicarikan. Ini penting agar pembayaran yang dilakukan oleh pembeli dapat langsung ditransfer ke akun milik pedagang. Adanya fitur “Riwayat Transaksi” akan memudahkan pelaku usaha untuk mencatat pemasukan yang diterima, di samping dapat juga untuk mencatat pengeluaran untuk keperluan usaha maupun pengeluaran sehari-hari.

Keberadaan fitur “Riwayat Transaksi” juga dapat memudahkan pelaku usaha menganalisis keuangan agar nantinya dapat jadi bahan evaluasi pengelolaan usaha dengan lebih baik di bulan selanjutnya.

Penggunaan metode pembayaran digital bagi pelaku usaha tentunya sangat aman ketimbang harus bertransaksi dengan uang tunai yang rawan penipuan menggunakan uang palsu. Pelaku usaha pun tak perlu khawatir jika kartu kredit, kartu e-money, atau bahkan ponsel Anda hilang atau bahkan dicuri. Sebab, sistem keamanan pada perangkat-perangkat tersebut akan mencegah penggunaan saldo di dalamnya dengan fitur PIN, kata sandi, atau pemindai sidik jari. Sehingga, saldo Anda akan aman tak tersentuh sama sekali karena hanya Anda yang dapat menggunakannya. Selain itu, Anda juga bisa membekukan saldo sampai Anda bisa mengakses kembali perangkat pembayaran digital milik Anda lagi.

Di atas semua kemudahan yang dimiliki oleh sistem pembayaran digital, kebijaksanaan sebagai pelaku usaha dalam mengelola keuangan harus tetap diprioritaskan. Jangan sampai, dengan semua kemudahan yang ditawarkan, Anda malah tidak bisa mengoptimalkannya dengan baik bahkan sampai mengalami kerugian dalam menjalankan usaha. Pengelolaan keuangan yang baiklah yang akan membuat usaha Anda akan berkembang dan semakin maju.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha