Viral Marketing Banyak Manfaatnya untuk Bisnis Online Anda Lho, Ini Penjelasannya

Cerita Teknologi 20 Jun 2020, By Fitri Mariya Amin
Viral Marketing Banyak Manfaatnya untuk Bisnis Online Anda Lho, Ini Penjelasannya Viral marketing bisa menjadi salah satu metode pemasaran Anda (disruptiveadvertising.com)

Sebagai pedagang online, agar usaha cepat maju Anda harus terus berinovasi dan tidak berhenti belajar. Untuk itu, Anda mesti menambah pengetahuan bagaimana cara meningkatkan penjualan. Saat ini metode pemasaran yang bisa Anda gunakan sangat beragam, salah satu metode pemasaran yang bisa Anda terapkan adalah viral marketing. Apa itu viral marketing? Dan bagaimana penerapannya dalam meningkatkan usaha Anda? Akan dibahas selanjutnya.

Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang memanfaatkan jaringan sosial, baik secara online maupun secara offline, dengan tujuan menyampaikan pesan dan iklan kepada para konsumen. Metode ini hampir sama dengan metode word of mouth atau lebih dikenal metode dari mulut ke mulut, hanya saja dilakukan secara online. Singkatnya, strategi dari viral marketing ini sama halnya dengan penyebaran virus yaitu perkalian percepatan penyebaran informasi kepada ratusan bahkan jutaan individu.

Strategi viral marketing ini dapat Anda gunakan untuk menyebarkan informasi terkait produk yang Anda jual. Informasi tersebut dapat Anda sebarkan di media sosial, seperti Facebook, Instagram, grup WhatsApp, dan lainnya. Caranya dengan membuat informasi tersebut dalam bentuk foto, video, atau konten kreatif lainnya.

Bagaimana Viral Marketing Tercipta?

Sebelum menggunakannya sebagai metode pemasaran bisnis, tentu Anda harus mengetahui bagaimana metode ini tercipta dan bekerja.

Seseorang mendapatkan ide atau gagasan → Gagasan tersebut mendapatkan reaksi dari orang tersebut (ini kuncinya) → Seseorang membantu menyebarkan informasi tersebut secara sukarela ataupun tidak → Lebih banyak orang mendapatkan ide tersebut → Setiap orang baru berpotensi untuk bereaksi terhadap ide tersebut dan membantu untuk menyebarkannya kepada orang lain → Lalu kemudian prosesnya berulang dengan sendiri, begitu seterusnya hingga ide tersebut menjadi viral.

Model promosi viral marketing ini dapat berfungsi selama ide atau gagasan tersebut dapat mendorong seseorang untuk bereaksi dan secara tak langsung menyebarkan dan mengubah cukup banyak orang sekaligus. Hal ini sama dengan tren yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran produk. Anda dapat melihatnya dari orang-orang yang awalnya biasa-biasa saja terhadap produk Anda, lalu lama-lama akan terpengaruh dengan orang-orang sekitar yang telah menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan Viral Marketing dalam Bisnis

Setelah mengetahui apa itu viral marketing dan bagaimana terciptanya metode tersebut, Anda bisa menerapkannya dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan, berikut beberapa cara yang bisa anda ikuti :

Cari sesuatu yang dapat menjadi tren dan booming

Hal terpenting dalam menerapkan metode viral marketing adalah dibutuhkannya ide-ide kreatif yang berkemungkinan menjadi trend dan viral. Anda harus berpikir kuat untuk mendapatkan ide tersebut. Di samping mesti mengambil peluang dari fenomenal yang terjadi. Dan yang terpenting dalam hal ini adalah momentum atau penempatan waktu yang tepat. 

Saat seseorang mempelajari atau mencari ide baru, pasti di awal mereka akan merasa biasa- biasa saja, namun jika ide itu semakin menarik maka orang-orang akan semakin mencari dan mempelajarinya serta menyebarkan ide tersebut. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk menemukan ide yang berkemungkinan  viral. 

Mulai menjual barang yang viral

Meski terkesan mainstream alias mengikuti arus, tidak ada salahnya Anda mencoba menjual produk yang tengah viral. Hal yang mesti Anda ingat adalah produk ini biasanya adalah produk musiman sehingga penjualannya tidak akan berlangsung lama. Maka dari itu, jangan terlalu berharap untuk penjualan jangka panjang. Anda harus bisa menyiasatinya dengan terus mengikuti perkembangan tren yang terjadi di masyarakat lalu mengadopsinya pada bisnis Anda.

Cobalah melakukan penjualan offline dengan tren online

Bila Anda memiliki toko offline tak ada salahnya Anda juga menerapkan metode ini untuk meningkatkan penjualan toko. Gunakanlah media sosial untuk menyebarkan informasi terkait toko online Anda, karena memaksimalkan kedua toko akan meningkatkan penjualan dan omset Anda.

Berkreasilah dengan konten yang berkaitan dengan trend

Anda harus bisa membuat konten yang kreatif dan menarik untuk mendapatkan pelanggan. Buatlah konten yang memiliki hubungan dengan fenomena yang tengah viral di masyarakat. Karena konten adalah kunci dari pemasaran secara online.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha